Profil

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 2 Semarang berdiri tahun 2005. Angkatan pertama berjumlah 40 orang telah diluluskan 100%. Jurusan RPL ini membentuk siswa-siswinya untuk memahami dan mampu menggunakan dan membuat perangkat lunak.

Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya

Visi dan Misi SMK Negeri 2 Semarang

Visi

Mewujudkan Sekolah Menengah Kejuruan yang berkualiatas dan religius dibidang bisnis, pariwisata, dan teknologi untuk menanggapi persaingan di era global.

Misi

1. Membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang bermartabat serta bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. Membangun institusi tangguh dan kondusif yang berbasis kerjasama dengan berbagai pihak.

3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan berbasis kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan dunia usaha / dunia industri.

4. Menghasilkan lulusan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dan profesioanal, mampu hidup mandiri serta dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

5. Menjadikan sekolah sebagai pusat uji kompetensi dan sertifikasi.

6. Menjadikan SMK Negeri 2 Semarang sebagi Sekolah Nasional berstandar Internasional (SNBI).

Tujuan SMK 2 Semarang

1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
2. Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan DU/DI untuk pelaksanaan Prakerin siswa guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa.
3. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup sesuai dengan kejuruannya.
4. Menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten dibidangnya untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan pendidikan lebih lanjut.
5. Menjadikan sekolah sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, tempat uji kompetensi dan sertifikasi.
6. Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja baik nasional maupun internasional.

Tujuan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa, berakhlak mulia, produktif, adaptif, kreatif dan inovatif di bidang Teknologi Informatika khususnya Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

2. Meningkatkan kecerdasan yang bermartabat didasari azas kecakapan hidup di bidang Teknologi Informatika – Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

3. Menghasilkan tamatan yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja baik nasional, regional maupun internasional dibidang Teknologi Informatika – Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering).

4. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

a. Menginstalasi software aplikasi spesifik

b. Mengoperasikan software aplikasi spesifik

c. Merawat software aplikasi spesifik

d. Membangun software aplikasi spesifik

e. Mengelola usaha di bidang pembuatan software aplikasi.

5. Membekali peserta didik dengan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni agar mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Standar Kompetensi

A. Standar Kompetensi Lulusan SMK

1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.

2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.

3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya

4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial

5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global

6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif

7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik

10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks

11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial

12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab

13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

15. Mengapresiasi karya seni dan budaya

16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok

17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan

18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.

19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain

21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis

22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris

23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: